Tags

, , ,

Tips Memilih Desain Dapur

Desain Dapur

Desain dapur – Dapur merupakan salah satu ruang dalam rumah yang mempunyai peranan yang sangat penting. Hal ini dilihat dari fungsi dapur itu sendiri. Kita tahu bahwa dapur adalah tempat disajikannya makanan atau sarapan penghuninya, oleh karena fungsinya seperti itu, tentulah dapur tersebut harus benar-benar selalu terjaga kebersihannya.

Kebersihan dapur juga akan berdampak pada makanan yang kita sajikan, semakin dapur itu bersih dan terawat, maka makanan yang disajikan pun ikut terjaga kesehatannya. Apa hubungannya?? Tentu ada hubungannya, dapur yang dirawat dan terjaga kebersihannya, berarti terjaga pula dari kuman/bakteri. Dengan minimnya kuman/bakteri, sehingga makanan yang dibuat pun terjaga pula dari kuman/bakteri.

Namun, dapur tidaklah hanya faktor kebersihannya saja, tapi juga harus dilihat dari segi estetika. Saat ini, banyak orang yang semakin sadar akan estetika dapur mereka, sehingga mereka tidak segan-segan untuk merombak dapur mereka yang sudah ada menjadi dapur yang lebih cantik secara penampilannya ( desainnya ).

Begitu juga dengan mereka yang sedang ingin membuat dapur, sebelum membuat dapur tersebut, ada baiknya dibuat dulu desain dapur itu, Untuk apa?? Agar desain dapur dengan desain ruangan keseluruan tampak serasi dan memberikan kesan harmonis.

Saat ini ada banyak desain dapur yang bisa anda terapkan, mungkin anda bisa menerapkan desain klasik, minimalis, minimalis modern, dan lain sebagainya. Atau, pilihlah desain dapur yang anda sukai, misalnya anda suka desain dapur yang minimalis, ya anda bisa gunakan desain minimalis pada dapur anda. Jika suka desain klasik yang banyak ukirannya, ya anda juga bisa terapkan pada dapur anda.

Namun, ada baiknya juga, bila desain tersebut sesuai dengan tema desain rumah anda. Maksudnya?? Ya, jika desain rumah anda berdesain klasik, tapi dapur anda berdesain minimalis, kan kurang cocok, lebih cocoknya lagi bila dapur tersebut berdesian klasik.

Dan yang harus diperhatikan dalam menentukan ruang dapur adalah perhatikan sirkulasi udara dalam ruangan tersebut, pencahayaannya, dan tata ruangnya. Mari kita diskusikan satu per satu.

Sirkulasi udara, Dapur sangat penting untuk memiliki sirkulasi udara yang baik, minimalis dapur tersebut haru ada lubang angin, namun, bila ada jendela pada dapur tersebut itu sangat baik. Fungsinya untuk apa sirkulasi udara tersebut?? Sirkulasi udara berfungsi agar hawa/suhu/udara yang ada di dalam dapur bisa terus diganti dengan udara baru yang lebih segar dari luar.

Sehingga udara yang terus berganti itu, tidak akan membuat dapur anda menjadi lembab, karena dapur yang lembab salah satunya disebabkan oleh udara dalam dapur yang berdiam/ mengendap di dapur, sehingga membuat kitchen set dan furniture dalam ruang dapur menjadi lembab. Jika suda lembab, maka akan berdampak timbulnya jamur dan bakteri pada dapur dan furniturenya.

Pencahayaan,, Dapur yang memiliki jendela sangat bagus pencahayaannya, kenapa?? Karena dapur tersebut setiap paginya akan bisa terkena sinar matahari. Nah, sinar matahari inilah yang bisa mencegah lembabnya dapur, dan sinar matahari juga akan membuat jamur-jamur tersebut mati.

Tidak hanya itu, dapur juga harus memiliki lampu, anda bisa memainkan pencahayaannya melalui lampu-lampu yang ada pada kitchen set anda, dengan begitu akan memberikan pencahayaan yang indah.

Tata Ruang, Bila dapur anda cenderung mungil/tidak mempunyai ruang yang luas, ada baiknya jangan menaruh banyak-banyak aksesoris dapur atau peralatan masak diatas meja dapur, atau menaruh furniture yang memakan ruang dapur anda. Hal ini akan berdampak dapur anda menjadi lebih sempit. Buatlah cabinet yang multifungsi.

Itulah beberapa informasi dan tips dalam membuat desain dapur.